#Newsflash
Fasilitas Kelas Dunia, LRT Jakarta Ditargetkan Beroperasi Tahun Depan - Sensasi Pertama Naik LRT Jakarta - Masukan Publik untuk Operasional LRT Jakarta - Dishub Ajak Stakeholder Bahas Penyelenggaraan LRT Jakarta

Persiapan Jelang Operasional LRT Jakarta

Jakarta, 19 Desember 2018 - PT LRT Jakarta untuk pertama kalinya akan mengadakan Forum Media bertajuk “KongKow: Kompak Bareng Komunitas Wartawan” LRT Jakarta. Bertempat di Kantor PT LRT Jakarta. Tujuan dari acara ini adalah untuk menjalin silaturahmi rutin setiap bulan dengan rekan-rekan media dan juga memberikan informasi terkini mengenai status perkembangan proyek LRT Jakarta. Forum media “KongKow” LRT Jakarta akan dihadiri oleh Direktur Proyek LRT Jakarta PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Bapak Iwan Takwin; Direktur Utama PT LRT Jakarta, Bapak Allan Tandiono; dan Direktur Administrasi dan Keuangan PT LRT Jakarta, Bapak Solihin. Hadir pula ibu Hani Sumarno, SM Corporate Secretary PT Jakarta Propertindo dan rekan-rekan lainnya dari PT Jakpro dan PT LRT Jakarta. Beberapa rencana poin pembahasan yang akan dilakukan dalam acara ini adalah membahas perkembangan proyek dan kesiapan operasi LRT Jakarta per tanggal 18 Desember 2018.

PT LRT Jakarta merupakan anak perusahaan dari PT Jakarta Propertindo/ JAKPRO yang dibentuk berdasarkan penugasan PT Jakarta Propertindo sebagaimana Peraturan Gubernur Nomor 154 Tahun 2017 sebagai penyelenggaraan prasarana dan sarana LRT Jakarta. Sesuai BAB IX Kerja Sama, Pasal 29 poin (4), disebutkan bahwa PT Jakarta Propertindo dapat mendirikan anak perusahaan, membuat perusahaan patungan, untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu agar Prasarana dan Sarana LRT dapat dioperasikan, dirawat dan/ atau diusahakan secara efisien, efektif dan sesuai tata kelola yang baik.

Dengan dibentuknya PT LRT Jakarta maka untuk melaksanakan penugasan layanan publik LRT Jakarta dari Gubernur DKI Jakarta, sesuai perjanjian kewenangan yang diberikan kepada PT LRT Jakarta yaitu sebagai badan usaha penyelenggara sarana (rollingstock) yang mencakup pengadaan sarana; operasi dan perawatan; dan pengusahaan. Sedangkan PT Jakarta Propertindo sebagai badan usaha penyelenggara prasarana yang mencakup pembangunan; operasi dan perawatan; dan pengusahaan.

Pengoperasian LRT Jakarta koridor 1 fase 1 (Kelapa Gading-Velodrome) direncanakan pada Februari 2019. Sebagai persiapan pengoperasian, PT LRT Jakarta telah menyusun rencana pola operasi LRT Jakarta. Pada weekdays LRT akan dioperasikan mulai pukul 06.00-22.00 dan pada weekend/ holidays pukul 07.00-23.00 WIB. Satu rangkaian (trainset) bisa terdiri dari 3-4 LRV (light rail vehicle) dengan kapasitas hingga 1080 penumpang. Satu LRV visa mengangkut hingga 270 penumpang. Untuk headway direncanakan antara 5-15 menit baik pada hari biasa maupun hari libur, dengan jumlah perjalanan dalam satu hari antara 245-282 trip.

Saat ini untuk koridor 1 fase 1 sepanjang 5,8 km bisa ditempuh selama 13 menit dengan waktu tempuh antar stasiun antara 1 sampai 2,5 menit. Ada 6 stasiun layang (elevated) yang telah dibangun yaitu Pegangsaan Dua (berada di kawasan Depo), Boulevard Utara, Boulevard Selatan, Pulomas, Equestrian dan Velodrome. Untuk perawatan sarana, Depo telah dibangun di Jalan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara sebagai tempat untuk perawatan bogie, area parkir (stabling) LRT, perbaikan besar, dan juga dilengkapi dengan MCC (main control center) sebagai pusat control operasional LRT Jakarta dan kantor administrasi.

Progres pekerjaan sampai saat ini sudah 90% yang mencakup kesiapan SDM (73%), kesiapan badan usaha (74%), pekerjaan konstruksi (92%), pengadaan sarana (99%), sedangkan untuk pekerjaan persiapan dan uji coba terbatas sudah 100%.

Dengan adanya acara “KongKow” LRT Jakarta, diharapkan juga hubungan baik antara media dan PT LRT Jakarta akan semakin erat sehingga tersampaikan berita yang tepat, akurat dan terkini kepada publik dan para stakeholder perusahaan.

  Download PDF

Situs Resmi PT LRT Jakarta

Anggota Grup JAKPRO
#LRTJ #LRTJakarta

www.lrtjakarta.co.id
www.jakarta-propertindo.com



Newsletter Subscribe