Rabu, 7 Mei 2025 – LRT Jakarta, operator moda transportasi publik berbasis kereta modern di DKI Jakarta, menyambut positif dan siap mendukung program digitalisasi dan integrasi layanan angkutan umum massal gratis bagi 15 golongan yang baru saja diresmikan pencanangannya oleh Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung pada Rabu (07/05) di Gedung Transport Hub.
“Program ini menjadi langkah strategis dalam mendukung program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memperluas aksesibilitas dan meningkatkan ketertarikan masyarakat dalam menggunakan transportasi publik – khususnya LRT Jakarta – juga dalam upaya menekan tingkat kemacetan, serta memperbaiki kualitas udara kota. Kami di LRT Jakarta telah melakukan persiapan penuh dalam aspek teknis operasional,” jelas Sheila Indira Maharshi selaku Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT LRT Jakarta.
Program tersebut akan diterapkan pada tiga moda transportasi, yakni LRT Jakarta, MRT Jakarta, serta Transjakarta. Kebijakan ini menyasar 15 golongan penerima manfaat meliputi aparatur sipil negara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan pensiunannya, tenaga kontrak Pemprov DKI Jakarta, siswa penerima KJP Plus, karyawan bergaji UMR melalui Bank DKI, penghuni rusunawa, kader PKK, warga ber-KTP Kepulauan Seribu, penerima raskin, anggota TNI/Polri, veteran RI, penyandang disabilitas, lansia di atas 60 tahun, pengurus rumah ibadah, pendidik PAUD, dan juru pemantau jentik (jumantik).
Melalui gagasan ini, Pemprov DKI Jakarta berharap dapat menekan angka kemacetan di Jakarta sebesar 5 hingga 10 persen serta meningkatkan budaya masyarakat dalam menggunakan transportasi publik.
LRT Jakarta selaku operator senantiasa berkomitmen untuk menjadi moda transportasi publik yang inklusif, aman, dan nyaman bagi seluruh lapisan masyarakat. Komitmen ini tercermin dari ketersediaan fasilitas seperti ramp, elevator, guiding block, gate dan toilet disabilitas, serta kursi prioritas yang tersedia di setiap kereta. Petugas LRT Jakarta telah dibekali dengan pelatihan khusus untuk melayani penyandang disabilitas. LRT Jakarta menyediakan Ruang Tenang bagi pelanggan yang sensitif terhadap kebisingan, seperti penyandang tunagrahita. LRT Jakarta juga memiliki nursery room, Pos SAPA (Sahabat Perempuan dan Anak), serta Pos Kesehatan di setiap stasiun.
***
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Sheila Indira Maharshi | Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT LRT Jakarta
sheila.maharshi@lrtjakarta.co.id
Gedung MCC - Depo LRT Jakarta, Jl. Raya Kelapa Nias, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara – 14250
Tentang LRT Jakarta
PT LRT Jakarta merupakan anak usaha Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Propertindo (Perseroda) yang bertugas sebagai operator moda transportasi publik Jakarta yang ramah lingkungan, aman dan nyaman.
Memiliki visi menjadi solusi mobilitas publik terbaik di Indonesia, PT LRT Jakarta berupaya nyata memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dengan rute sepanjang 5.8 km dari Velodrome (Rawamangun) hingga Pegangsaan Dua (Kelapa Gading) dengan enam stasiun jalur layang. Memiliki headway atau jarak tunggu kereta selama 10 menit, melayani Pelanggan setia LRT dimulai dari pukul 05.30 – 23.00 WIB.