Intip Perawatan Berkala Kereta LRT Jakarta

Kamis, 4 Juli 2024 Sebagai perusahaan transportasi publik, keamanan dan kenyamanan merupakan prioritas utama bagi PT LRT Jakarta. Dalam operasionalnya, kereta LRT Jakarta atau yang dinamakan light rail vehicle (LRV) menjalani dua jenis perawatan berbeda berdasarkan lingkup pekerjaannya untuk memastikan setiap LRV dalam kondisi yang prima. 

 

Apa saja kedua perawatan yang dilakukan? Yuk, cari tahu! 

 

Perawatan Ringan (Light Maintenance)  

Pekerjaan di light maintenance fokus pada pemeriksaan berkala dan perbaikan dengan skala kecil yang mencakup perawatan terjadwal dan tidak terjadwal, di mana perawatan terjadwal meliputi perawatan periodik setiap 7 hari dan 4 bulan, sementara perawatan tidak terjadwal mencakup emergency maintenance dan perawatan korektif apabila LRV mengalami kerusakan. Dengan menjalankan perawatan ringan, setiap potensi masalah dapat segera terdeteksi dan ditangani sebelum menjadi kerusakan yang lebih serius demi memastikan setiap LRV selalu dalam kondisi terbaik untuk beroperasi.. 

 

Perawatan Berat (Heavy Maintenance) 

Pekerjaan di heavy maintenance dilakukan dengan sangat detail. Dalam perawatan ini, semua bagian dan komponen LRV dibongkar untuk diperiksa secara menyeluruh, serta dilakukan perbaikan perakitan, dan pengujian sehingga kondisinya dapat kembali prima seperti baru. Perawatan terjadwal pada heavy maintenance meliputi semi overhaul setiap 4 tahun dan overhaul setiap 8 tahun. Sementara itu, perawatan tidak terjadwal mencakup emergency repair dan perawatan korektif. 

 

Dengan keahlian dan dedikasi tinggi, Divisi Sarana LRT Jakarta terus berupaya menjaga performa optimal setiap LRV. Baik dalam light maintenance maupun heavy maintenance, terdapat proses quality control yang ketat untuk memastikan kualitas setiap pekerjaan. Komitmen ini menjadi bagian penting dari upaya menjaga keselamatan dan kenyamanan para penumpang serta kelancaran operasional LRT Jakarta sebagai moda transportasi publik yang andal. 

 

*** 

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi 

Aris Rizal Arafah | Plt. Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT LRT Jakarta 

aris@lrtjakarta.co.id 

Gedung MCC - Depo LRT Jakarta, Jl. Raya Kelapa Nias, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara – 14250 

 

Tentang LRT Jakarta  

PT LRT Jakarta merupakan anak usaha Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Propertindo (Perseroda) yang bertugas sebagai operator moda transportasi publik Jakarta yang ramah lingkungan, aman dan nyaman 

 

Memiliki visi menjadi solusi mobilitas publik terbaik di Indonesia, PT LRT Jakarta berupaya nyata memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang dengan rute sepanjang 5.8 km dari Velodrome (Rawamangun) hingga Pegangsaan Dua (Kelapa Gading) dengan enam stasiun jalur layang. Memiliki headway atau jarak tunggu kereta selama 10 menit, melayani Pelanggan setia LRT dimulai dari pukul 05.30 – 23.00 WIB.

Artikel Terkait
Menemani Perjalananmu, LRT Jakarta Tawarkan Tarif Khusus Rp1 untuk Semua Rute
Jumat, 4 Oktober 2024 – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional In....
Program Urban Farming LRT Jakarta, Kontribusi Nyata untuk Penghijauan dan Pertanian Perkotaan Berkelanjutan
Kamis, 26 September 2024 – Sebagai operator penyedia layanan transportasi publik modern berbasis r....
Memperingati Hari Perhubungan Nasional, LRT Jakarta Perkuat Komitmen Pelayanan Unggul dan Inklusif
Kamis, 26 September 2024 — Sejalan dengan peringatan Hari Perhubungan Nasional yang jatuh pada tan....
988 View

Situs Resmi PT LRT Jakarta

Anggota Grup JAKPRO
#LRTJ #LRTJakarta

www.lrtjakarta.co.id
www.jakarta-propertindo.com


Newsletter Subscribe