#Newsflash
Fasilitas Kelas Dunia, LRT Jakarta Ditargetkan Beroperasi Tahun Depan - Sensasi Pertama Naik LRT Jakarta - Masukan Publik untuk Operasional LRT Jakarta - Dishub Ajak Stakeholder Bahas Penyelenggaraan LRT Jakarta

5 Alasan Kenapa Jadi Penumpang LRT Jakarta Bisa Membuatmu

Jakarta oh.. Jakarta….

Kota yang namanya paling populer di negara Indonesia ini memang punya banyak sekali cerita untuk mereka yang datang mengunjunginya. Bagaimana tidak?! semua yang ingin Kamu inginkan bisa ditemukan di tempat ini, mulai dari yang standar (seperti tempat belanja, tempat hiburan) yang ekslusif (Monumen bersejarah, Gedung DPR) hingga yang ‘tidak biasa’ seperti menyaksikan pertunjukan gratis rombongan ‘mahluk besi” yang berjalan beriringan di berbagai tempat (baca: Macet).

Seiring dengan semakin aktifnya Indonesia dalam dunia Global dan semakin mendunianya Jakarta. Pemerintah harus segera bertindak cepat untuk memutus “keakraban” Jakarta dengan Macet, tujuannya tentu saja agar nama Ibukota Indonesia ini di mata dunia lebih “ramah” dan yang paling penting, hal itu bisa membuat warga yang tinggal didalamnya semakin nyaman dalam beraktivitas.

Pemerintah selama ini bukannya cuma berpangku tangan, sudah banyak inovasi yang mereka lakukan untuk mengatasi ‘problem’ ini, mulai dari menerapkan berbagai macam sistem dan aturan baru hingga pengadaan “Busway” sebagai sarana transportasi publik. Namun tampaknya hal itu belum maksimal, padatnya kota Jakarta dan pengaruh gaya hidup masyarakat adalah salah satu penyebabnya.

LRT Sebagai Solusi

Kehadiran LRT Jakarta merupakan Gebrakan Baru yang dilakukan pemerintah setelah metode biasa tak mampu menjadi solusi. LRT atau Light Rail Transit sebagai sarana Transportasi Masal tampaknya akan benar-benar menjadi jawaban atas problematika yang dialami oleh masyarakat ibukota.

Tapi sayangnya hal itu hanya akan dalam mimpi saja jika tidak ada kamu!

Iya Kamu! Kamu yang berpartisipasi di dalamnya.

Mungkin kamu menganggapnya biasa saja, tapi percayalah dengan ikut menggunakan LRT itu berarti kamu sudah berpartisipasi dalam menciptakan Kota Jakarta yang lebih baik di masa depan. Untuk lebih jelasnya berikut aku jabarkan 5 alasan Kenapa Jadi Penumpang LRT itu Keren:

`-`Keren karena kamu berpartisipasi mengurangi macet.

Keberadaan Alat transportasi di masa ini sudah sedemikian pentingnya, ibarat kaki jika tidak ada masyarakat akan kesulitan untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari. Pemerintah dan swasta memang telah memberikan solusi untuk itu dengan menyediakan alat angkutan umum, namun sayangnya kualitas dan kenyamanan yang ditawarkan seringkali membuat masyarakat tak puas. Hal itulah yang kemudian memunculkan banyaknya permintaan akan kendaraan pribadi.

 

Hadir sebagai Solusi, LRT Jakarta memberikan suasanya yang Aman dan Nyaman kepada setiap penumpangnya. Hebatnya tak hanya dalam gerbong saja, Rasa nyaman itu  juga bisa kamu rasakan ketika berada di Depo maupun stasiun tunggunya, Lingkungan yang bersih dan bersahabat adalah jaminan yang bisa kamu dapatkan jika berkendara dengan LRTJ.

Berpindah dari kendaraan pribadi ke LRT Jakarta adalah pilihan yang tepat, selain dapat membantu mengurangi padatnya kendaraan di Jakarta kamu juga bisa lebih cepat sampai di tujuan, Hal itu karena lintasan LRT dibuat melayang di atas permukaan tanah (floated) yang membuatnya terbebas dari interaksi kendaraan lain.

Tahukah Kamu?

LRT mampu melaju hingga kecepatan 100 kilometer per jam,

`-`Keren karena kamu ikut membantu mengurangi polusi

Tak bisa dipungkiri lagi kalau salah satu penyumbang polusi di ibukota itu berasal dari asap knalpot kendaraan bermotor. Karenanya dengan beralih menggunakan LRTJ yang lebih Ramah karena menggunakan tenaga listrik sebagai pendorongnya menandakan kamu telah secara aktif membantu mengurangi penyebaran gas karbondioksida di Jakarta. Jadi jika kamu berhasil mengajak satu orang saja beralih ke LRTJ setiap harinya maka tingkat kesehatan masyarakat pun akan semakin meningkat di masa depan.

Tahukah Kamu?

Berkat penggunaan sistem listrik aliran bawah dan articulated bogie yang terpasang di antara gerbong memungkinkan LRT mampu bermanuver stabil hingga belokan 40 meter.

`-`Keren karena Membuat Aktivitas lebih efektif

Salah satu hal yang paling disukai oleh masyarakat saat ini adalah “Cepat” dan “Mudah”. dan LRT pun menjadi respon Pemerintah akan ketertarikan masyarakat itu. LRT atau kereta api ringan memang daya angkutnya tak sebesar MRT, tapi justru itulah yang menjadi kelebihannya. Berkat bebannya yang ringan LRT mampu bergerak Cepat dan lincah, belok bermanuver pun juga dapat dilakukannya dengan mudah, berbanding terbalik dengan MRT dan KRL yang lebih kaku. Berkat  kelebihannya ini LRT jakarta memiliki operasi rute yang lebih banyak.

Dalam hal Kemudahan, pemerintah membuat sistem pembayaran LRT Jakarta menjadi lebih ringkas dengan mengintegrasikannya dengan kartu Jaklingko yang sebelumnya sudah Terpercaya dapat digunakan untuk berbagai jenis pembayaran. Berkat integrasi ini penumpang dapat melakukan banyak aktifitas bermodal satu kartu saja.

`-`Keren karena kamu bakal dapat kenalan dan pengalaman baru

Perlu untuk diketahui kalau satu rangkaian kereta LRT Jakarta itu terdiri dari dua kereta (kemungkinan akan ditambah lagi) dimana di dalamnya terdapat ruang untuk penumpang yang menggunakan kursi roda dan bangku prioritas, letaknya tak jauh dari pintu. Dengan LRTJ Moving People Connecting Communities bisa terwujud

Layaknya fasilitas umum lainnya penumpang yang menggunakan LRTJ tentunya bisa berasal dari berbagai macam tempat sehingga membuat kesempatanmu untuk menambah teman, relasi atau mungkin jodoh semakin terbuka. Percayalah, adegan perkenalan seperti di film/drama itu sangat mungkin terjadi. Tenang saja  suasana nyaman dan kebersihan LRTJ itu terjamin.

Tahukah Kamu?

Ukuran gerbong LRT termasuk ramping yakni 11,5 meter x 2,6 meter x 3,6 meter.

`-`Keren karena kamu berkontribusi mendukung APBN Jakarta 

Menjadi penumpang LRTJ berarti mendukung penuh kemajuan Jakarta, sebab uang tiket tersebut akan menjadi pemasukan bagi pemerintah. Sederhananya, Semakin sering kamu naik LRTJ berarti semakin besar pula kontribusimu pada daerah.

Lalu bagaimana tempat yang ingin dituju masih belum memiliki rute LRT?

Tenang Sobat, pembangunan LRT akan terus dilanjutkan. Hal terbaik yang bisa kita lakukan agar hal itu segera terwujud adalah dengan terus mengajak kenalan, saudara dan yang lainnya untuk beralih ke LRT. Selain dapat mengurangi jumlah kendaraan bermotor dana yang terkumpul pun bisa segera digunakan untuk memperluas jangkauan LRT. Jadi bukankah itu hal yang sangat menguntungkan bukan?! Pastinya ^_^

————[]————

Keberadaan LRT saat ini ibarat oase bagi masyarakat ibukota yang merindukan sarana transportasi yang nyaman. Namun terlepas dari berbagai kelebihan yang dimilikinya sangat penting bagi kita sebagai pengguna LRT/MRT/KRL untuk menjaga keberadaan fasilitas umum ini dengan baik, dengan cara mematuhi peraturan yang berlaku seperti:

  • Tidak merokok dalam kereta
  • Tidak membawah hewan
  • Tidak membawa benda berbahaya
  • Tidak membawa barang yang berbau menyengat

Akhir kata, layanan LRT ini adalah bukti kepedulian pemerintah Jakarta terhadap kebutuhan masyarakatnya, karena itu mari kita berperan aktif mendukung program ini demi terciptanya Jakarta Keren di masa depan.

Sumber : http://bit.ly/2HdIFPB

Pemenang Lomba Menulis Artikel LRT Jakarta

Berita Terkait
Operasional LRT Jakarta tunggu arahan Pemprov DKI
Jakarta (ANTARA) - Pengoperasionalan transportasi Light Rail Transit atau Lintas Rel Terpadu (LRT) J....
Bantu Difabel Tuli, Petugas LRT Jakarta Kuasai Bahasa Isyarat
TEMPO.CO, Jakarta - Petugas pelayanan penumpang pada Light Rail Transit atau Lintasan Rel Terpadu (L....
Bertualang Mencoba Moda Transportasi Publik di Ibu Kota
Hai travelmen, jumpa lagi bersama Koko Sten! Pada artikel kali ini aku akan bagi pengalaman beberapa....
37 View

Situs Resmi PT LRT Jakarta

Anggota Grup JAKPRO
#LRTJ #LRTJakarta

www.lrtjakarta.co.id
www.jakarta-propertindo.com



Newsletter Subscribe