#Newsflash
Stasiun Pegangsaan Dua telah dibuka - Jam Operasional LRT Jakarta 05.30 - 23.00 WIB - Uji Publik LRT Jakarta Non Regist - Cukup tunjukan identitas diri di loket stasiun LRT Jakarta

Dampak Pemadaman Listrik PLN terhadap Layanan LRT Jakarta

Minggu (4/08/2019) pada pukul 11.51 WIB telah terjadi pemadaman listrik serentak oleh PLN di seluruh wilayah Jabodetabek. Hal ini berimbas pada terhentinya layanan LRT Jakarta. Pada saat pemadaman terjadi, terdapat 4 trainset yang sedang berada di jalur utama, dengan pembagian letak 2 trainset dengan penumpang di jalur barat dan timur stasiun Equestrian dan 2 trainset tanpa penumpang di antara stasiun Pegangsaan Dua dan Boulevard Utara. Sehingga tidak terdapat evakuasi penumpang di walkway dan proses evakuasi pun berjalan dengan mudah dan lancar.

Sebagai moda transportasi berbasis rel ramah lingkungan, listrik merupakan sumber energi utama yang dibutuhkan untuk operasional kereta maupun stasiun. Setiap trainset LRT Jakarta dibekali oleh baterai cadangan yang mampu mendukung ketersediaan sistem penerangan dalam kereta dan sistem telekomunikasi (antar Kereta, Stasiun dan OCC).

Sedangkan di stasiun LRT Jakarta juga terdapat UPS (uninterruptible power supply) dan genset untuk mendukung operasional fasilitas stasiun seperti lift/escalator, Gerbang Tiket Elektronik, PSD (Platform Screen Doors), sistem telekomunikasi, CCTV, Wi-Fi, penerangan, signaling system, air dan pengeras suara stasiun. Untuk itu, kegiatan operasional di 5 stasiun LRT Jakarta masih terus berjalan meskipun listrik di sekitar stasiun tengah padam dan warga yang berkunjung ke stasiun masih dapat menikmati fasilitas stasiun dengan penerangan yang memadai, baik untuk yang ingin menanyakan informasi seputar LRT Jakarta maupun yang hanya ingin berswafoto di sekitar stasiun. Namun, untuk penggunaan kereta kami alihkan agar menggunakan sarana transportasi umum lainnya yang tersedia di sekitar stasiun LRT Jakarta seperti Mikro trans dan Transjakarta.

Di LRT Jakarta, terdapat 2 pasokan daya utama dari PLN. Yang pertama, pasokan daya ke Gardu APSS Depo Pegangsaan Dua yang digunakan untuk operasional OCC dan Depo LRT Jakarta. Yang kedua, pasokan daya ke Gardu Pulomas di Stasiun Pulomas yang digunakan untuk operasional LRT Jakarta di jalur utama (mainline).

Pada pukul 21.56 WIB, pasokan listrik telah kembali tersedia dan telah melalui tahap normalisasi untuk kemudian kereta di operasikan secara normal. Terdapat 8 trip perjalanan kereta sebelum akhirnya selesai di Stasiun Pegangsaan Dua pukul 23.00 WIB sesuai dengan jadwal operasional harian LRT Jakarta.
Dampak dari kejadian ini adalah terhentinya operasional kereta mulai pukul 11.51 WIB – 21.56 WIB. Hal ini berakibat hilangnya 119 trip perjalanan kereta dari total 204 trip perjalanan perhari dengan headway perjalanan kereta setiap 10 menit.
Mulai pagi ini (5/08/2019) Operasional Kereta LRT Jakarta sudah kembali normal dengan waktu operasional mulai pukul 5.30 WIB.


***
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Melisa Suciati
Corporate Communication PT LRT Jakarta
+6221 80617490 ext 2020 / melisa.s@lrtjakarta.co.id
Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibu kota Jakarta

  Download PDF

Situs Resmi PT LRT Jakarta

Anggota Grup JAKPRO
#LRTJ #LRTJakarta

www.lrtjakarta.co.id
www.jakarta-propertindo.com


Newsletter Subscribe